Bangkutaman dan Logic Lost Menjalankan Tur Jepang

SRM Bands

Photo, Press Release and Tour Poster.

(English Version Below)

Jakarta, 25 November 2022 - grup band Bangkutaman melanjutkan seri TauTauTur mereka dengan edisi spesial. Kali ini, grup asal Jogja ini akan terbang ke Jepang untuk seri tur yang digelar dar tanggai 27 - 30 November tahun ini.

Dipilihnya Jepang sebagai destinasi ini karena keterlibatan mereka dalam sebuah festival musik independen yang akan digelar di sana pada 26 & 27 November tahun ini. Bertajuk Tokyo Beyond Festival, festival yang digelar 2 hari di Shibuya, Tokyo ini menampilkan banyak grup dan musisi independen dari berbagai negara dari Asia, Australia, Eropa dan Amerika.

“Bermain di Jepang adalah mimpi kami sejak dulu yang akhirnya baru terwujud di tahun ini, kami merasa senang atas kesempatan ini,” ungkap vokalis/gitaris Wahyu Acum.

Setelah bermain di Tokyo Beyond Festival ini, bangkutaman akan tampil di event lain di Tokyo dan satu event di Kota Nara. Tur ini berlangsung sampai tanggal 30 November nanti. Bangkutaman tidak sendiri, ada Logic Lost, musisi elektronik yang juga turut ikut serta dalam perjalanan tur mereka kali ini.

Ini bukan pertama kali bangkutaman tampil di gelaran musik internasional. Satu dekade silam, bangkutaman pernah menjadi bagian dari festival musik bertajuk Rockin The Region (2008) dan Baybeats (2011), keduanya berlokasi di Esplanade Theater di Singapura. Di masa pandemi, bangkutaman juga tampil di festival musik bertajuk Asean Music Showcase Festival 2020 yang dihelat November 2020. Bangkutaman berharap bahwa festival ini akan menjadi celah buat mereka lebih dikenal lagi di pasar Asia.

“Semoga dari sini kita bisa lebih terdengar lagi di pendengar di luar Indonesia, khususnya di Asia dan semoga kita bisa diundang lagi di festival-festival yang ada di Asia atau bahkan di benua lainnya” tutup Acum.

Bangkutaman belum lama ini merilis album terbaru mereka bertajuk Dinamika. Ini adalah album ketiga mereka setelah Love Among The Ruins (2000) dan Ode Buat Kota (2010). Album ini pertama kali dirilis oleh La Munai Records dalam bentuk kaset dan SRM dalam format cakram padat. Sebelumnya merekaterlebih dulu merilis single-single baru bertajuk “Dinamika”, “Badai”, “Tabib” serta “Ombak”.

Adapun single “Ombak” sendiri masuk dalam nominasi AMI Awards 2021 untuk kategoriArtist/Solo/Group/Kolaborasi Karya Elektronika Terbaik. Ini adalah nominasi AMI Kedua bangkutaman setelah sebelumnya mereka masuk di kategori Karya Produksi Alternative Terbaik lewat album Ode Buat Kota di tahun 2011 silam.

Bangkutaman adalah Wahyu ‘Acum’ Nugroho pada Vokal dan Gitar, Madava Nanda Rasika Sangga pada Bas dan Christo Putra pada Drums.


(EN)

bangkutaman and Logic Lost are doing Japan Tour.

Jakarta, 25 November 2022 - Bangkutaman, continues their TauTauTur series with a special edition. This time, the group from Jogja will fly to Japan for a series of tours that will be held from November 27 to 30.

Japan was chosen as this destination because of their invitation to an independent music festival that will be held there on November 26 & 27 called Tokyo Beyond Festival 20220. The festival will held for 2 days in Shibuya, Tokyo, will featured many independent groups and musicians from various countries from Asia, Australia, Europe and America.

"Playing in Japan has been our dream for a long time, which finally come true this year and we are super happy for this opportunity," said vocalist/guitarist Wahyu Acum.

After playing at the Tokyo Beyond Festival, bangkutaman will performed at the other event in Tokyo and one event in Nara City. This tour lasts until November 30. Bangkutaman will doing this tour, together with Logic Lost, an electronic musician who also took part in Tokyo Beyond Festival as well.

This is not the first time that bangkutaman has appeared at the international music event. A decade ago, bangkutaman were part of the music festivals Rockin The Region (2008) and Baybeats (2011), both were located at the Esplanade Theater in Singapore. During the pandemic, bangkutaman also appeared at a music festival titled the Asean Music Showcase Festival 2020 which was held in November 2020. Bangkutaman hopes that this festival will become an opportunity for them to be better known in the Asian market.

"Hopefully from here we can gain more listeners outside Indonesia, especially in Asia and hopefully we can be invited again to festivals in Asia or even in another continent," Said Acum.

Bangkutaman recently released their latest album titled Dinamika. This is their third album after Love Among The Ruins (2000) and Ode for the City (2010). This album was first released by La Munai Records in cassette and SRM released it in compact disc format. Previously they first released new singles titled "Dinamika", "Badai", "Tabib" and "Ombak".

The single "Ombak" itself has nominated for the 2021 AMI Awards for the Best Artist/Solo/Group/Electronic Work Collaboration category. This is the second AMI nomination for bangkutaman after they were previously included in the Best Alternative Production Work category through the album OdeBuat Kota in 2011.

Bangkutaman is Wahyu 'Acum' Nugroho on Vocals and Guitar, Madava Nanda Rasika Sangga on Bass and Christo Putra on Drums.


 #TauTauTurJapan


bangkutaman & Logic Lost by Rakasyah Reza