Bangkutaman Segera Merilis Vinyl Album ‘Ode Buat Kota’

SRM Bands

“Ode Buat Kota” adalah salah satu album social commentary yang sangat berhasil. Hampir tanpa cela Acum, Irwin dan Dedyk berhasil memberikan gambaran kota besar terutama Jakarta dengan cara pandang seorang pelaku sekaligus pengamat sosial. Acum sendiri mendefinisikan album ini sebagai berikut:

“Ode adalah pujian. Namun di sini, ode adalah lukisan sinis untuk melihat wajah perkotaan yang sebenarnya. Kampung Melayu, Sunter, Tanah Abang, Klender, sampai Sudirman dan Thamrin, dari sudut sampai pusat, dari kumuh sampai elit. Ide lagu datang dari pergulatan harian dengan kenek bus kota, supir bajaj dan ojek, kesesakan di KRL, sampai supir taksi tersiksa karena dinginnya AC ternyata tak senyaman setorannya yang belum maksimal, tanda-tanda kota: pengemis, pengamen, timer, kenek, polisi, sirene beriringan di atas mobil-mobil dengan pelat mobil khusus yang tidak kebanyakan orang punya, si “raja jalanan” yang punya ruang lega di tengah kemacetan, keriaan anak jalanan di kolong fly over tugu Pancoran, industri musik “berlari di lingkaran setan” sampai wajah pertelevisian, dan panggung dengan beragam “peran”.”

Namun jika social commentary yang kita butuhkan, cukuplah membaca koran atau membaca tulisan Goenawan Muhamad soal Jakarta. “Ode Buat Kota” juga adalah sebuah album musik yang secara sangat berhasil menggabungkan psikedelia The Byrds dan Velvet Underground, folk Bob Dylan atau Pete Seeger dengan energi meledak-ledak dari The Who dan untuk capaian itu layak jika banyak penerbitan memberi penghargaan tertinggi buat album ini di tahun 2010.

Tepat lima tahun kemudian, kami dari Elevation Records, pada tanggal 20 Agustus 2015 akan merilis ulang “Ode Buat Kota” dalam format piringan hitam dalam jumlah yang sangat terbatas. Untuk mereka yang telah lama menyukai album ini akan bisa mendapatkan piringan hitam dengan insert artwork dan liner notes baru melalui mekanisme pre-order (PO) yang akan kami buka di minggu pertama bulan Agustus. Cara kedua adalah dengan mendapatkannya pada sebuah acara launch party yang direncanakan akan terselenggara di awal bulan September. Pre-order akan seperti biasa dilakukan melalui website elevationrecords.co.