Rasukma Mengadakan Perayaan Ulang Tahun ke-5 Singel Perdana di Jakarta

SRM Bands

Press Kit


Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-5 singel perdana dari Rasukma–unit folk/pop-akustik asal Bandung–yang bertajuk “Yang Berlalu Biar Berlalu / Tolong! Kami Butuh Bantuan!” pada 17 Agustus 2023 lalu, Rasukma akan mengadakan sebuah mini showcase bertajuk “Berlalu: Jakarta” pada Sabtu, 9 Desember 2023 pukul 18.30 WIB mendatang. Acara ini didukung oleh HeyFolks! dalam rangkaian acara “HeyFolks! In Store Session”-nya dan juga Aruba Resto selaku venue acara. Digelar tanpa harga tiket masuk (HTM), Rasukma akan membawakan lagu-lagu dari album pertama, Inti Bumi; EP terakhir, Ramu waktu; dan juga lagu-lagu baru yang belum pernah dibawakan sebelumnya dalam format full band.


Ini adalah acara kedua dalam rangkaian acara “Berlalu”, yang pertama kali diadakan oleh Rasukma di Morgy Coffee, Bandung, pada 25 Agustus yang lalu. Acara yang juga digelar tanpa harga tiket masuk ini berhasil mengajak 100–150 pendengar Rasukma untuk mengisi venue dan bernyanyi bersama-sama. Berbeda dengan “Berlalu: Jakarta”, Rasukma tampil dalam format kuartet pada gelaran pertama ini.


Selain itu, Rasukma juga merilis ulang kedua lagu yang terkandung di dalam singel perdana mereka dalam versi remastered tepat pada hari ulang tahun ke-5-nya, yakni 17 Agustus 2023. Rekaman versi remastered ini berperan sebagai bentuk apresiasi Rasukma terhadap para pendengarnya–yang telah mendengarkan versi orisinil kedua lagu ini lebih dari 3 juta kali di Spotify–dengan kualitas mixing & mastering yang lebih baik, digawangi oleh Ade Tonefreak selaku sound engineer Rasukma. Hingga kini, singel versi remastered ini telah didengar lebih dari 100 ribu kali di Spotify, dan salah satu lagunya juga termasuk ke dalam playlist editorial Spotify yang bertajuk Indienesia. Harapannya, para pendengar Rasukma bisa terus menikmati kedua lagu ini dengan kualitas rekaman yang lebih baik dan nyaman didengar.