Menemukan Identitas Kembali Melalui “Pustakara: The Lost Voices”

SRM Bands

Press Kit

Jasmine dan Leca baru saja pindah ke rumah baru bersama keluarga mereka. Mereka harus beradaptasi dengan lingkungan baru mereka. Hal ini mempengaruhi proses kreatif mereka dalam bermusik.

Mereka saling mencari cara yang berbeda untuk menemukan dan mengembangkan ide untuk karya berikutnya untuk kelompok musik mereka: DVY.

Berbekal sedikit informasi tentang musik tradisional Sulawesi Selatan, mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan ke desa-desa di berbagai daerah dan bertemu dengan para maestro seni tradisional.

Perjumpaan mereka dengan musik daerah tersebut seakan membawa kembali identitas dan serpihan-serpihan kenangan tentang keluarga mereka yang nyaris terlupakan. Mereka akhirnya berinisiatif untuk merekam semua suara dan hal-hal yang mereka temui selama perjalanan sebagai arsip untuk Pustaka Suara Sulawesi Selatan: PUSTAKARA yang merupakan singkatan dari Pustaka Suara. Film ini memiliki judul dalam Bahasa Inggris yaitu The Lost Voices.

Pustakara adalah sebuah kisah tentang menemukan kembali identitas melalui suara-suara masa lalu yang tersimpan dalam lagu-lagu Bugis-Makassar kuno dan klasik. Kamu dapat menyaksikan teaser film documenter ini di tautan berikut: https://bit.ly/teaserpustakara.

Pustakara diputar pertama kali di Indonesia pada 12 Oktober 2023 di CGV Panakkukang Makassar. Penayangan ini terlaksana berkat program ROOMMATES yang dipersembahkan oleh Pmancar.com yang didukung oleh Telkomsel, By.U dan Prolog Ecosystem yang turut mejadikan momen penting bagi #PUSTAKARA untuk ditayangkan di layar lebar dan untuk pemutaran internasional tayang perdana di Salam Fest di Melbourne, Australia pada 1-3 Desember 2023.

Pustakara kembali diputar di Jakarta dalam program Supersonik #53 yang diselenggarakan oleh IFI Jakarta dan SRM pada 20 Desember 2023 jam 19:00 WIB di IFI Thamrin Jakarta (Jl. M.H. Thamrin No.20). Selain memutarkan Pustakara akan dilengkapi oleh penampilan DVY, Kiko/o dan juga Gavendri. Acara ini gratis dengan mendaftarkan diri di sini: bit.ly/SupersonikDVY