Hagara Merilis Album Penuh Bertajuk RAYA

SRM Bands

Press Kit

Hagara mengumumkan perilisan album debut mereka yang bertajuk RAYA. Berisikan sembilan lagu, RAYA merupakan album penuh pertama dari Hagara setelah pada tahun 2020 mereka sempat merilis sebuah EP berjudul Baraka dan sebuah single berjudul “Khayat”.

RAYA adalah sebuah concept album yang menggali seluk-beluk kehidupan masyarakat suburban. Perpaduan estetika sonik dan visual dalam album ini mengajak pendengar untuk membenamkan diri ke dalam sebuah perjalanan kontemplatif. RAYA sengaja menghindari menawarkan solusi untuk masalah sehari-hari dan berusaha menangkap esensi dari proses transformatif hidup. Album ini mendorong pendengar untuk menemukan pelipur lara dari pengalaman mengarungi kompleksitas kehidupan sehari-hari.

Demi mengantisipasi perilisan RAYA, Hagara, beberapa waktu lalu merilis sebuah maxi-single yang berisikan dua lagu; "Runtuh Serentak" dan "Insan." Kedua lagu ini memberi sekilas gambaran tentang konsep artistik album RAYA secara keseluruhan. Dalam "Insan" Hagara berkolaborasi dengan Ghina Salsabila, keyboardist dari The Adams dan vokalis 90HP. Kehadiran Ghina Salsabila dengan karakteristik vokal khas-nya berhasil mewakili visi artistik yang berusaha diraih oleh Hagara.

Dalam album ini, Hagara juga menggandeng Reruntuh, musisi asal Jakarta, dalam lagu berjudul "Masygul". Kolaborasi ini menambah dinamika musikal pada album dan juga menampilkan kemauan Hagara untuk menjelajahi visi artistik baru.

Visi artistik Hagara serta komitmen mereka untuk terus melampaui batasan dan kemampuan mereka untuk memadukan berbagai genre dengan mulus sambil mempertahankan identitas unik menjadi ciri khas yang selalu melekat dengan musik-musik yang Hagara ciptakan. Selain itu, demi memastikan produksi suara dengan kualitas terbaik, Hagara bekerja sama dengan Reney Karamoy dari Sonic Garage.

Deruan musik serta erangan gitar yang diiringi dengan gebukan drum dalam ketukan ganjil dipadu dengan alunan suara synthesis yang atmospheric dan notasi vokal harmonik menjadi salah komponen-komponen yang membuat album ini patut dinantikan.

RAYA diharapkan dapat memikat pendengar dengan eksperimentasi musikal dan narasi lirikal yang kuat. Pendekatan Hagara dalam penulisan lirik dan komitmen mereka untuk menciptakan pengalaman musik yang menggugah membuat album ini harus didengarkan luas oleh para penikmat musik.

RAYA akan tersedia di semua platform musik digital mulai 17 November 2023 melalui SRM Bookings and Services. Pendengar dapat mengunjungi dan mengikuti media sosial Hagara untuk update dan informasi tambahan.

Tentang Hagara:

Hagara dikenal memiliki perpaduan musik dari beberapa genre seperti progressive rock, post-rock, dan shoegaze. Dengan perpaduan khas erangan gitar yang diiringi dengan ketukan ganjil dari drum, alunan synthesis atmospheric, dan notasi vokal harmonik khas musik pop Indonesia, Hagara menciptakan karya musik yang memikat pendengarnya. Melalui visi artistik mereka, Hagara terus berusaha mendobrak batasan-batasan dan memberikan pengalaman musik yang menggugah dan tak terlupakan.